Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Tentang Ka'bah

Ka'bah | Tempat ini dijuluki sebagai baitullah (Rumah Allah) atau Baitul Atiq (rumah kemerdekaan). Tempat ini merupakan bangunan mendekati kubus yang terletak di Masjidil Haram di Mekkah. Ditempat ini tidak pernah sepi dari orang - orang yang melakukan tawaf, terutama ketika musim haji atau pada bulan suci Ramadhan.

Bangunan Ka'bah berbentuk persegi empat yang terbuat dari batu - batu besar berwarna kebiru - biruan yang berasal dari gunung di sekitar Mekkah. Rumah Allah ini dibangun diatas satu dasar pondasi yang kokoh terbuat dari batu marmer, tebalnya kira - kira 25 cm. Berikut informasi dasar fisik Ka'bah:
  1. Hajar Aswad
  2. Pintu Ka'bah
  3. Mizab Ar Rahmah (Pancuran Ka'bah)
  4. Ach- Chadrawan
  5. Hijir Ismail
  6. Multazam
  7. Maqam Ibrahim
  8. Rukun Ka'bah
  9. Rukun Yamani
  10. Rukun Syiria
  11. Rukun Iraq
  12. Kiswah
  13. Garis Marmer Al Buni

bagian - bagian Ka'bah


  • Tinggi Seluruh dinding = 15,00 Meter
  • Lebar dinding utara = 10,02 meter
  • Lebar dinding barat = 11,58 meter
  • Lebar dinding selatan = 10,13 meter
  • Lebar dinding timur = 10,22 meter

Keempat dinding ka'bah (yakni rukun iraqi, rukun syiria, rukun yamani, rukun hajar aswad) ditutup dengan kiswah, yaitu kain penutup ka'bah yang berwarna hitam. Setiap tahun kiswah ini diganti, tepatnya tanggal 9 Dzulhijjah ketika jama'ah haji sedang wukuf. . Menurut sejumlah keterangan, sejak zaman Nabi Ibrhaim As dan Nabi Ismail As, Ka'bah tersebut selalu dibungkus dengan kiswah. Kiswah ini terbuat dari kain sutera hitam membentang dari atas hingga kaki ka'bah dan dibawahnya di ikat pada gelang tembaga. Luas keseluruhan kiswah adalah 658 meter persegi.

Kiswah ka'bah

Menurut keterangan, pembuatan kiswah ini memakan biaya hingga 17 juta real untuk pembelian sutera (mencapai 670 Kg), benang emas (mencapai 120 Kg) dan tenaga pembuatnya (kurang lebih 240 orang)

Posting Komentar untuk "Informasi Tentang Ka'bah"