Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haji Tahun 2022, Belum Ada Kepastian

Kementerian Agama (Kemenag) RI masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi terkait kepastian pemberangkatan jemaah haji asal Indonesia pada 2022. Keputusan itu juga tergantung kondisi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum berakhir.

Gambar Jema'ah haji Yang Sedang Melaksanakan Ibadah Haji

Menurut Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Hilman Latief, 
"Kita masih menunggu keputusan resmi dari Pemerintah Arab Saudi. Apakah nanti kita diperbolehkan masuk atau tidak? Semoga tergantung pada kondisi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum berakhir,", di sela peninjauan calon lokasi Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) di Kantor Kemenag Kulon Progo

Sedangkan, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, Wahib Jamil, menyatakan sejak jauh-jauh hari pihaknya sudah memberikan pembinaan terhadap calon jemaah haji lewat program Haji Sinau Agama (Haji Siaga). Pembinaan dilakukan secara berkala sembari menunggu kepastian bisa tidaknya memberangkatkan haji pada tahun ini.


Biaya Haji Tahun 2022

Menurut beliau untuk kesiapan pemberangkatan haji 2022, menyebutkan bahwa kemenag sudah melakukan itu, termasuk di antaranya membahas tentang nominal biaya berhaji. Adapun pada tahun ini Kemenag berencana mematok biaya haji sebesar Rp 45 juta.

Berikut adalah kutipan pernyataan Hilma Latief selaku Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah mengenai Biaya Haji di Tahun 2022

"Untuk persiapan, kemarin kita telah membahas besaran biaya pelaksanaan haji sebesar Rp 45 juta. Ini kita hitung kebutuhan riil sesuai kondisi saat ini. Karena banyaknya berbagai fasilitas yang kita perlukan untuk ibadah haji di masa pandemi ini. Semoga pandemi ini segera mereda dan kita bisa berangkatkan jemaah haji," jelas Hilman.

Kulon Progo Membuat Program Dahagku

Untuk pendaftaran haji di Kulon Kulon Progo, Kemenag mengandalkan program Dahagaku, yang merupakan akronim dari Daftar Haji Gandeng KUA. Program ini bertujuan untuk memudahkan warga yang selama ini kesulitan mengakses pendaftaran haji.

Berikut pernyataan Wahib Jamil Selaku ketua Kemenag Kulon Progo

"Untuk pendaftaran haji, kami menggandeng KUA dengan program Dahagaku. Hal ini karena kondisi geografis Kulon Progo yang banyak pegunungan, sehingga jemaah akan kesulitan untuk mendaftar langsung di Kankemenag. Sehingga agar lebih maksimal dalam pelayanan kami menggandeng KUA. Jemaah bisa datang langsung ke KUA untuk dibantu pada proses pendaftaran haji,".

Demikianlah info terkini mengenai "Info haji Tahun 2022". Semoga bermanfaat buat Sahabat PPMHU. Semoga bermanfaat dan semoga Haji bisa terlaksana pada Tahun 2022 ini.